Saturday, January 23, 2010

Diagnosa Kerusakan Pada PC

Sering terjadi para pengguna telah direpotkan bahkan menunda pekerjaannya karena masalah computer yang sepele, misalnya memory longgar atau Hard Disk tidak terbaca Bios dan sebagainya. Terpaksa computer dibawa ke bengkel service kompter dan ditinggal 2-3 hari bahkan sampai 1 minggu.

Secara teory komputer telah dirancang berdasarkan modul, dan modul tersebut akan memberikan sinyal atau kode morse apabila ada kerusakan, kode morse setiap modul berbeda.
Sinyal inilah yang akan membantu Anda untuk mengetahui kerusakan pada computer, biasanya komputer normal akan berbunyi “bep” satu kali, kemudian layar akan menampilan peripheral yang ada pada motherboard sesuai dengan setting bios, dilanjutkan dengan runing system sampai selesai.

Monitor Gelap dan lampu kedip atau kuning.
Diagnose :
Nyalakan computer perhatikan kode morse :

* Tidak ada morse, kemungkinan kesalahan kabel Data Hard Disk/CD Room terbalik. Seharusnya sisi yang berwarna merah pada kabel data berdekatan dengan kabel power pada HDD/CDRom.

* “Bep... beeeep” kemungkinan masalah memori. Keluarkan memory dan bersihkan pinnya, pasangkan kembali dan nyalakan computer, apabila masih tetap kemungkinan besar memory rusak.

* “bep..bep bep..bep” kemungkinan VGA Card. Periksa kabel data yang menghubungkan monitor dan VGA Card. Apabila masih tetap, keluarkan VGA Card dan bersihkan pinnya, pasangkan kembali dan nyalakan computer, apabila masih tetap kemungkinan VGA rusak.

Sekian dulu informasi dari saya....

0 komentar:

Post a Comment

Apabila ingin berkomentar harap join dulu, baru bisa.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Muarif Syahrudin ( Personal Blog ). Powered by Blogger.