Saturday, January 23, 2010

Mempercepat Akses Internet

Tempo hari saya pernah menyarankan anda untuk menggunkan Advance Care dari IOBIT, yang mana software Utility Gratisan ini sangat membantu ketika PC mengalami kelelahan alias lemot. Sekarang saya akan bahas cara untuk meningkatkan akses internet dirumah anda, tetapi sebelum membahas pokok masalah saya akan kupas faktor-faktor lain yang mempengaruhi kecepatan akses internet anda, yaitu:

1. Persentase Sisa Memori.
Tidak asyik rasanya kalau bekerja dikomputer tanpa mendengarkan musik kesukaan sambil surfing mencari informasi atau ide di internet apalagi sambil ngobrol dengan teman chat yg mangasikan.
Kegiatan seperti diatas jelas akan menguras memory komputer, sehingga tidak terasa komputer semakin lama semakin lambat. Aturannya memory yang tersisa jangan sampai dibawah 50%, apabila ini terjadi kecepatan loading komp akan melambat.
Untuk mengatasi ini anda bisa gunakan Smart Ram pada Advance Care > Utilty. Smart Ram akan mengembalikan kondisi memory ke keadaan optimal.

2. Merapihkan susunan File dan Folder pada HardDisk.
Setiap anda membuka file, software atau aplikasi akan menghasilkan file history yang disimpan dalam HardDisk ditambah file atau folder yg sengaja di buat. File-file tersebut tersimpan secara acak dan bertumpuk tidak beraturan, kondisi file dan folder seperti ini akan memperlambat proses loading komputer. Oleh karena itu posisi file dan folder harus di tata rapi.
Untuk merapihkan file dan folder dapat anda gunakan Smart Defrag pada Advance > Utilty.

3. Meningkatkan Kecepatan Akses Internet.
Kecepatan internet ditentukan oleh kapasitas bandwith, masing-masing provider memiliki kapasitas yg berbeda. Kapasitas yg paling tinggi dimiliki oleh Speedy diatas 2 M karena menggunakan media fiber optic, tetapi kadang kecepatan ini bisa menurun yg disebabkan terlalu banyaknya pengguna dan sebab lain. Untuk menstabilkan atau meningkatkan kecepatan internet anda bisa gunakan Boster Internet pada Advance Care > Utility, disini anda tinggal pilih kapasitas bandwith dari 56k s.d 1 G.

0 komentar:

Post a Comment

Apabila ingin berkomentar harap join dulu, baru bisa.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Muarif Syahrudin ( Personal Blog ). Powered by Blogger.